Manajemen waktu sangat penting di dalam semua bidang kehidupan. Jika
Anda dapat menjadi master utnuk waktu Anda, maka Anda akan menuai
keuntungan baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan pribadi Anda. Kita
semua bersalah karena telah membuang-buang waktu dan menunda melakukan
berbagai aktivitas hingga besok, tetapi semakin Anda dapat secara
efektif mengelola waktu Anda maka Anda akan menjadi lebih bahagia.
Lihatlah tips di bawah ini dan coba terapkan dalam kehidupan Anda.
1. Memiliki jadwal – Buatlah rincian bagaimana Anda merencanakan
untuk menghabiskan hari Anda. Jika Anda membagi waktu Anda ke dalam
blok dengan tugas yang perlu Anda selesaikan hari itu maka ini akan
membantu Anda tetap fokus dan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal
tepat waktu serta tidak kehilangan apa-apa.
2. Berkomitmen
dalam hal itu - Yang penting bahwa seklai Anda telah membuat jadwal
Anda, Anda akan benar-benar melakukan hal yang terbaik untuk menaatinya.
Dari waktu ke waktu mungkin Anda tidak bisa melakukan hal itu karena
keadaan, tapi ini harus menjadi pengecualian dan bukan aturan.
reed more
3. Melakukan hal-hal di dalam daftar – Selain membuat daftar, Anda
juga harus melakukan hal-hal yang telah Anda tulis di dalam daftar.
Selesaikan mereka sehingga Anda bisa membuat daftar yang baru lagi.
4. Jangan membuang waktu – Mudah bagi kita untuk menemukan berbagai
alasan ketika kita mencoba untuk bekerja. Berhenti memeriksa e-mail
Anda setiap 5 menit, melihat statistik website, atau hanya browsing
hal-hal yang tidak penting di internet. Anda mungkin memiliki rekan di
tempat kerja yang tidak pernah berhenti bicara, dalam hal ini Anda harus
melakukan yang terbaik untuk menghindari mereka.
5.
Menentukan tujuan – Anda mungkin merasa itu dapat membantu jika Anda
memberi insentif untuk diri Anda sendiri dalam jadwal Anda. Mungkin
istirahat untuk minum kopi setelah menyelesaikan tugas-tugas tertentu
dalam jadwal Anda atau menghabiskan makan malam di sebuah restoran di
akhir minggu jika Anda telah menyelesaikan tugas-tugas Anda dan membuat
daftar kegiatan Anda untuk hari Senin nanti.
6. Membuat
delegasi – Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki orang-orang untuk
bisa menyelesaikan pekerjaan tertentu, maka pastikan Anda memanfaatkan
mereka untuk potensi mereka sepenuhnya. Lihatlah daftar tugas Anda dan
delegasikan tugas secara efektif.
7. Relaksasi – Pastikan
Anda selalu menyiapkan waktu untuk bersantai. Jika Anda tidak meluangkan
waktu setiap hari untuk memiliki beberapa bentuk relaksasi maka Anda
mungkin perlu mengambil cuti untuk waktu yang lama karena stres. Ini
adalah waktu Anda jadi lakukan apa yang membuat Anda bahagia dan
memungkinkan Anda untuk bersantai.
Sekarang, hari-hari Anda akan menjadi lebih menyenangkan!
1. Memiliki jadwal – Buatlah rincian bagaimana Anda merencanakan untuk menghabiskan hari Anda. Jika Anda membagi waktu Anda ke dalam blok dengan tugas yang perlu Anda selesaikan hari itu maka ini akan membantu Anda tetap fokus dan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal tepat waktu serta tidak kehilangan apa-apa.
2. Berkomitmen dalam hal itu - Yang penting bahwa seklai Anda telah membuat jadwal Anda, Anda akan benar-benar melakukan hal yang terbaik untuk menaatinya. Dari waktu ke waktu mungkin Anda tidak bisa melakukan hal itu karena keadaan, tapi ini harus menjadi pengecualian dan bukan aturan.
reed more
3. Melakukan hal-hal di dalam daftar – Selain membuat daftar, Anda juga harus melakukan hal-hal yang telah Anda tulis di dalam daftar. Selesaikan mereka sehingga Anda bisa membuat daftar yang baru lagi.
4. Jangan membuang waktu – Mudah bagi kita untuk menemukan berbagai alasan ketika kita mencoba untuk bekerja. Berhenti memeriksa e-mail Anda setiap 5 menit, melihat statistik website, atau hanya browsing hal-hal yang tidak penting di internet. Anda mungkin memiliki rekan di tempat kerja yang tidak pernah berhenti bicara, dalam hal ini Anda harus melakukan yang terbaik untuk menghindari mereka.
5. Menentukan tujuan – Anda mungkin merasa itu dapat membantu jika Anda memberi insentif untuk diri Anda sendiri dalam jadwal Anda. Mungkin istirahat untuk minum kopi setelah menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam jadwal Anda atau menghabiskan makan malam di sebuah restoran di akhir minggu jika Anda telah menyelesaikan tugas-tugas Anda dan membuat daftar kegiatan Anda untuk hari Senin nanti.
6. Membuat delegasi – Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki orang-orang untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tertentu, maka pastikan Anda memanfaatkan mereka untuk potensi mereka sepenuhnya. Lihatlah daftar tugas Anda dan delegasikan tugas secara efektif.
7. Relaksasi – Pastikan Anda selalu menyiapkan waktu untuk bersantai. Jika Anda tidak meluangkan waktu setiap hari untuk memiliki beberapa bentuk relaksasi maka Anda mungkin perlu mengambil cuti untuk waktu yang lama karena stres. Ini adalah waktu Anda jadi lakukan apa yang membuat Anda bahagia dan memungkinkan Anda untuk bersantai.
Sekarang, hari-hari Anda akan menjadi lebih menyenangkan!